Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Meskipun jengkol memang memiliki manfaat seperti yang bisa Anda baca melalui artikel sebelumnya tentang manfaat jengkol untuk kesehatan, tetapi jengkol bukanlah makanan yang baik untuk dikonsumsi tiap hari. Bahkan meskipun sudah dihilangkan baunya ataupun racunnya, tetap saja jengkol tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Ya, para penggemar jengkol tahu bahwa jengkol itu enak, tapi meskipun seandainya jengkol itu benar-benar aman, bukan berarti tiap hari Anda harus makan jengkol melulu. Bahkan meskipun Anda adalah fans berat Jengkol yang tak bisa hidup tanpa jengkol, dan selama ini Anda baik-baik saja serta tak pernah mengalami keluhan selama makan jengkol, sebaiknya tetap kontrol diri untuk tidak mengkonsumsi jengkol setiap hari.

Berikut adalah tips untuk para jengkoler agar tetap sehat saat mengkonsumsi jengkol.

Tips Cara Sehat Makan Jengkol

 1. Makanlah Secukupnya Jangan Ikuti Nafsu Semata

Misalnya Anda disuguhi 20 keping jengkol, maka maksimal makanlah 10 keping saja. Jangan membuat pembenaran bahwa secukupnya buat Anda itu adalah 20 keping. Pahami kondisi tubuh Anda, jangan mengikuti nafsu semata semua 20 keping jengkol diratakan di perut, tapi besoknya Anda sakit perut, atau bahkan sakit pinggang sampai untuk jalan saja harus ngesot-ngesot.

2. Minum Yang Banyak Setelahnya

Ya, ini berlaku untuk makan apapun. Minumlah AIR PUTIH, bukan susu, bukan teh, bukan kopi, bukan soda, cendol, wine, apalagi bir atau Vodka. Biasakan minum yang sehat, apalagi setelah makan jengkol, supaya kristal asam jengkolat tidak mengendap dan bisa dikeluarkan dengan mudah saat buang air kecil.

3. Berilah Interval Waktu Atau Buat Jadwal Makan Jengkol

Seberat apapun Anda ngefans sama jengkol, tetap tidak baik jika makan jengkol tiap hari. Karena itu buatlah interval waktu dari satu jengkol ke jengkol lainnya. Jika hari ini Anda makan jengkol, maka berilah jarak beberapa hari untuk makan jengkol berikutnya. Atau kalau perlu cukup seminggu sekali saja makan jengkolnya.

Cukup dengan melakukan tiga hal tersebut Insya Allah Anda aman. Selain itu jengkol akan terasa lebih nikmat saat tidak terlalu sering dikonsumsi. Dengan cara ini Anda bisa tetap sehat meskipun Anda adalah penggemar berat jengkol.

Demikian tips dari kami semoga mengharukan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail