Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Jengkol tidak disukai karena dikenal dengan BAU-nyah. Selain ituh juga mengandung epek samping yang konon mengancam ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tetapi di sisi lain, konon katanya jengkol pun sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Entah hoax atau bukan, tapi inilah inpoh yang beredar seputar manpaat jengkol untuk kesehatan.

Pertama, konon katanya jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga mengandung asam jengkolat, vitamin dan mineral. Jengkol juga konon bersifat diuretic sehingga berkhasiat untuk memperlancar pembuangan urine dan sangat baik untuk penderita jantung koroner.

Konon karena sipatnya yang sangat baik dalam membantu mengatasi masalah pencernaan, jengkol menduduki urutan kedua sebagai bahan pelangsing perut selain apel. Walaupun paktanyah kalo orang sudah makan jengkol biasanya nambah nasi lebih dari sepiring sehingga yang terjadi bukannya tambah langsing tapi perut tambah maju. Jelas bukan jengkolnya yang salah, tapi nasinya yang berlebihan wkwkwk.

Manfaat jengkol yang lainnya untuk kesehatan konon katanya adalah kemampuannya dalam mencegah serta mengobati penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena jengkol memiliki kandungan asam serta mineral yang tinggi.

Tetapi sayangnya konon asam jengkolat pada jengkol memiliki sifat tidak mudah larut dan berbentuk kristal sehingga dapat menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dalam banyak kasus, asam jengkolat menyebabkan susah buang air kecil jika jengkol dikonsumsi secara berlebihan karena ginjal tidak mampu menyaring jumlah asam yang masuk karena melewati ambang batas yang wajar.

Jengkol pun konon katanya kaya dengan nutrisi seperti karbohidrat , vitamin A, vitamin B , protein, kalsium, fosfor, steroid, tanin, Saponin dan Glikosida. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam jengkol pun dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu kerja enzim pada tubuh kita serta membantu respirasi selular. Kalsium yang dikandung jengkol dapat membantu pertumbuhan tulang dari dalam tubuh untuk tumbuh dan menjadi kuat.

Bagi orang dewasa kalsium dapat membantu merawat kesehatan tulang untuk menghindari kerentanan tulang atau osteoporosis. Manfaat lainnya, jengkol diketahui dapat mencegah penyakit kurang darah atau anemia.

(sumber: manfaatsehat.com)

Kesimpulannyah, tidak perlu khawatir dengan racun jengkol atau masalah ginjal. Selama kita tidak berlebihan mengkonsumsinya, maka InsyaAllah akan aman-aman saja.

D’jengkol Cafe Resto berusaha sebaik mungkin menyajikan menu jengkol yang selain enak juga aman, karena kami melakukan proses untuk meminimalisir racunnya sebelum dimasak.

Anda pecinta jengkol?

Penasaran dengan rasa jengkol kami?

Kunjungi kapeh dan restoh D’Jengkol Jl.Banteng No.50 Bandung

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail